17.1.09

5cm

Here is the review

What a wonderful story! Sebenarnya gw termasuk orang yang sangat telat karna baru baca buku ini, ini pun jg gw beli karna nyokap dapet voucher di sebuah toko buku (haha gratisan). Udah gratisan, novelnya bagus lagi, haha gw sangat tidak menyesal membelinya.
Ceritanya adalah tentang persahabatan antara 4 orang laki-laki, Genta, Zafran, Arial, Ian dan 1 orang perempuan, Riani, yang sudah berjalan semenjak mereka masih duduk di bangku SMA. Kelima orang ini mempunyai karakter yang berbeda dan saling melengkapi satu sama lain. Hari-hari selalu mereka lalui bersama, pergi sama-sama, nonton sama-sama (bahkan nonton layar tancep), dll. Kisah cinta terdapat pula di dalamnya. Zafran sejak lama sudah menyukai adik Arial yaitu Arinda atau sering dipanggil Dinda. Genta jg sejak lama sudah merasakan getaran cinta kepada Riani. Suatu hari kelima sahabat ini merasa bosan karna setiap hari mereka selalu bersama-sama. Pada akhirnya mereka memutuskan untuk tidak bertemu selama 3 bulan dan bertemu kembali pada tanggal 14 Agustus. Banyak sekali hal-hal yang terjadi selama 3 bulan tersebut, diantaranya Ian yang menyelesaikan skripsi nya yang masih 4 bab dalam waktu 2 bulan, Riani yang magang, Arial yang jadian sama Indy (teman yang ia kenal di tempat fitness) di Puncak, dll. Mereka pun merasa rindu satu sama lain. Seminggu sebelum tanggal perjanjian mereka yaitu 14 Agustus, Genta mengirim sms ke semua sahabatnya agar menyiapkan peralatan-peralatan yang ia sebutkan dan berkumpul di stasiun jam 2 pada tanggal 14 Agustus. Pada tanggal yang telah ditentukan mereka berkumpul di stasiun dan bercengkrama satu sama lain. Ternyata Dinda pun turut serta dalam perjalanan ini dan Zafran pun senang. Tujuan mereka adalah pergi ke Malang dan mendaki Mahameru (gunung tertinggi di pulau Jawa. Sesampainya di malang mereka bersiap-siap untuk mendaki Mahameru. Selama perjalanan banyak sekali hal yang membuat mereka takjub akan keindahan Indonesia. Mereka tidak mengenal kata lelah selama perjalanan menuju puncak Mahameru. Walaupun kaki lecet-lecet, tertimpa batu, badan lemas, itu semua tidak mematahkan semangat mereka karna mereka mendukung satu sama lain. Perjalanan ini membuat mereka menjadi manusia sesungguhnya karna mereka mendapat kan pengalaman-pengalaman yang berharga. Sampai pada akhirnya mereka pun sampai di puncak Mahameru pada tanggal 17 Agustus dan mengibarkan sang saka merah putih di sana. Mereka tidak percaya karna setelah melewati jalan yang menanjak dan melelahkan akhirnya mereka bisa sampai. Saat mereka turun kembali, mereka sempat menginap di tenda. Saat itulah Genta mengungkapkan perasaannya kepada Riani yang ternyata menyukai Zafran. Zafran mendengar hal itu, ia merasa tidak enak dengan Riani, padahal Zafran sangat menyukai Dinda. Sedangkan Dinda yang juga mendengar hal itu agak kecewa karna sebenarnya selama ini dia menyukai Genta. Akhirnya mereka semua pun menyadari cinta bukan untuk memiliki.
Gimana-gimana? Haha maaf kalau review nya kurang ya. Tapi ada quote favorit gw : "Biarkan keyakinan kamu, 5 centimeter menggantung mengambang di depan mata kamu. Dan sehabis itu yang kamu perlu cuma kaki yang akan berjalan lebih jauh dari biasanya, tangan yang akan berbuat lebih banyak dari biasanya, mata yang akan menatap lebih lama dari biasanya, leher yang akan lebih sering melihat ke atas, lapisan tekad yang seribu kali lebih keras dari baja, hati yang akan bekerja lebih keras daripada biasanya, serta mulut yang akan selalu berdua." Panjang, berisi, dan menyentuh bukan? So, it's a must-have novel!

0 comments: